Sabtu, Januari 19, 2013

CARA MENGQODHO SHOLAT

   Para pembaca  setia...sebenarnya masalah qodho Sholat sudah saya jelaskan akan tetapi akan saya jelaskan lagi lebih rinci....

    Tata cara Sholat Qodho ada pada waktu kita meninggalkan Sholat tersebut apakah Sholat kita tinggalakan secara sengaja atau tidak..Jika Sholat ...katakanlah sperti Sholat Zohor kita tinggalkan karena malas atau tanggung lagi sibuk kerja,,hingga datang waktu Ashar maka mengqodo Zohor hukumnya wajib Fauron alias secepatnya di qodho, jadi ketika ketika kita ingat bahwa kita tidak Sholat Zohor disitu juga kita wajib mengqodhonya.

   Bagaimana jika meninggalkan Sholat Zohornya secara tidak sengaja seperti lupa/tidur dari jam 11 sampe jam 4 ...nah jika ini terjadi maka hukum Sholat Qodhonya tetap wajib ...namun tidak fauron / secepatnya...  jadi boleh kapan - kapan saja di qodhonya akan tetapi disunahkan jika mengqodho secepatnya.

   Saudara - saudaraku menurut Syaihuna Ahmad bin Hajar Rohimahullahu Ta'ala...jika kita meninggalkan Sholatnya katakanlah sehari ( lima waktu sholat ) dengan sengaja seperti karena malas ...maka wajib bagi kita menggunakan seluruh waktunya untuk dipakai qodho Sholat yang sehari, terkecuali waktu yang diwajibkan seperti usaha, makan, minum, buang air dan lain sebagainya yang merupakan kebutuhan kita, bahkan menurut beliau haram hukumnya Sholat Sunah jika masih punya qodho Sholat...karena qodho adalah hal yang wajib, jangan sampai melaksanakan yang sunah sedangkan yang wajib di tinggalkan.

    Para pembaca ... jika kita meninggalkan Sholat karena lupa/uzur...seperti Sholat Zohor dan Ashar maka disunahkan bagi kita mengqodhonya secara tartib yaitu qodholah dahulu Zohor kemudian Ashar. Disunahkan pula kita mengqodho Sholat dahulu mengakhirkan Sholat 'ada ( Sholat pada waktunya )seperti kita mengqodho Sholat Zohor pada waktu Ashar...maka kerjakanlah qodho Zohor dulu baru kita Sholat Ashar dengan syarat waktu Sholat Ashar masih banyak/panjang walaupun jika kita sholat Qodho dulu maka akan ketinggalan Sholat berjama'ah 'ada Ashar tetap Sholat Qodho dulu karena berjama'ah hukumnya sunah. Tapi apabila waktu Ashar sudah mau habis...maka kerjakanlah Sholat Ashar dahulu baru Sholat Qodho Zohor.

   Tapi bagaimana jika meninggalkan Sholat Asharnya karena malas atau sibuk dengan pekerjaan...sedangkan meninggalkan Sholat Zohor karena lupa...dalam hal ini hukumnya wajib kita Qodho Ashar dahulu baru Qodho Zohor ( tidak tartib ),,, tapi jika kita mengQodho Sholat Ashar dan Zohor pada waktu Magrib maka harus dilihat dulu waktu Magribnya ...apa masih panjang atau mau habis jika waktu Magrib mau habis maka kerjakanlah Sholat Magrib baru Qodho Ashar terus Qodho Zohor.

  

  

11 komentar:

  1. Maknanya....boleh dong mengqodoq shalat setelah atau sebelum shalat 'adaq

    BalasHapus
  2. saya masih bingun, tapi ada yang di mengerti sedikit,, soal nya saya mengerjakan sholat Qodho itu pada misalkan sholat dhuhur- saya mengerjakan nya pada waktu duhur lagi jadi tidak mengerjakan ketika saya inget itu,,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. dak pa2 mas abu klo udzurny syar'i klo tdk syar'i harus sepontan

      Hapus
  3. Shalat 'adaq itu apa yaaa...????

    BalasHapus
  4. Maaf jika mengerjakan sholat dzuhur,ashar dan magrib dikerjakan(dqhodo) pada waktu sholat isya itu dbolehkan tdk n bagaimana cara mengerjakannya,atas jawabanny termsi(krna sya brda dnegra nonmuslim pkrjaan sya bnyk jd wktu hnya malam(

    BalasHapus
  5. bingung??
    klo bsa sie gag pengen di kodho"an segala..
    sholat ya sholat...
    berjamaah lebih baik..
    klo ad niat sholat psti gag akn ktiduran atw klupaan..
    lain ceritanya klo kita kerja di negri kafir....
    beruntung bnget bagi temen"yg ada di indonesia.. dirikan lah sholat gak usah nunggu di kodho klo bisa ya berjamaah..

    BalasHapus
  6. coba bayangkan jika di pikiran kita meng utamakan di kodho...
    jadi timbul nya meremehkan sholat kita...
    dalam hati sellu bilang...akhhh nanti az tanggung sekalian di khodo sama sholat(....)begitu dan begitu seterus ny?
    sholat berjamaah lebih baik dri pada sholat sendri...

    BalasHapus
  7. bagaimana dengan solat jum'at ? apakah wajib kodho....

    BalasHapus
  8. Klo niat qadha zuhur gmn?

    BalasHapus
  9. setuju buat mas athane
    seharusnya keterangan qodho itu di tegaskan yang karna lalai nya disebabkan karena ada udhur yg jelas,,seperti orang yang teridur lalu terbangun,anak kecil hingga dewasa,dan orang gila hingga berakal. HR.Ahmad,Ashabus Sunan dan hakim.
    lalu kalau ditulisnya karena malas atau tanggung lagi sibuk kerja.ga ada dalam hadits manapun.. yang ada kalau qodho karna malas dan tanggung lagi kerja akan masuk ke hadits hukum meng qodho sholat akan disiksa dineraka 80 tahun. itu 1 kali qodho yg tertinggalnya karna disengaja. nastagfirullahal'adziim.

    BalasHapus